Jumat, 01 November 2013

Tips Fotografi Untuk Pemula

image









Mari kita luruskan satu hal, ketika Anda membeli kamera senilai puluhan juta, tidak secara otomatis membuat Anda seorang profesional. Saya banyak melihat orang dengan kamera sederhana justru menjadikan karya yang tidak kalah dengan alat-alat yang mahal, jadi kembali lagi, kamera hanya sekedar Alat, tapi "mata Anda"lah yang menentukan.. 
Semoga keterbatan alat tidak menjadikan hambatan buat Anda yang ingin menjadi fotografer. berikut ada beberapa tips sederhana, bagi Kita yang memiliki minat di dunia fotografi : 

1. Jangan Memulai dengan Kamera yang Mahal 

Alasan untuk ini, karena Anda baru memulai, Anda mungkin tidak tahu apakah ini hobi atau profesi itu yang telah diimpikan atau tidak. Mulailah dengan titik yang sederhana dan memotretlah dan mulai mengambil foto. Dengan cara ini Anda akan dapat mempelajari dasar-dasar kamera sederhana. Setelah Anda merasa nyaman dengan kamera dan Anda merasa bahwa Anda memiliki pemahaman, dan belajar dari lapangan, dan barulah Anda harus berpikir tentang membeli kamera lebih mahal.

2. Ide bagus jika Anda menggunakan Tripot. 

Image creditPhotojojo.com
Jika Anda ingin gambar yang sempurna dan tajam, bahkan ketika cahaya yang tersedia tidak sempurna, kemudian pakailah tripod. Tripod akan membantu menjaga getaran kamera Anda saat  mengambil foto Anda.

3. Momen itu terkadang terjadi sewaktu-waktu.

Selalu bawa kamera Anda, karena terkadang momen untuk membuat foto yang baik tiba-tiba datang bahkan terjadi hanya sekali seumur hidup.  Bahkan jika Anda memiliki kamera mahal, beli kamera yang lebih murah, masukkan ke dalam mobil Anda. Bagaimana jika ada hujan meteor terjadi? hehe..

4. Pencahayaan yang Baik dan Hari yang baik juga. 

Jika Anda melihat tempat yang ingin Anda foto, lalu catat kondisi cuaca yang berbeda dan bagaimana mereka mempengaruhi pencahayaan. Bahkan waktu, hari dan membuat dampak besar pada jenis pencahayaan yang Anda terima.

5. Ubah Perspektif

Saya selalu menga takan kepad orang yang baru mulai dengan fotografi, bahwa perubahan terbesar yang bisa Anda buat adalah bereksperimen dengan perspektif yang berbeda pada objek. Jangan hanya memotret bunga dari atas, berjongkok dan cobalah mengambil foto dari bawah.

6. Gunakan semua potensi yang Gratis.

Internet adalah sumber pengetahuan yang luar biasa untuk fotografercobalah rutin mencari teknik terbaru, atau bergabung dengan komunitas dalam sebuah forum atau LinkedInDengan begitu, Anda akan dapat menanyakan semua pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fotografi. Beberapa kelompok fotografi yang sudah berjalan, ikut dalam event phtografi akan menambah khasanah keilmuan dan wawasan. 
Bergabung dengan masyarakat fotografi di wilayah Anda.

7. Ketahui kemampuan Kamera Anda.

baca manual buku Anda, Ambil dan baca lagi... dan lagi dan lagi. Alasan untuk ini adalah bahwa Anda harus tahu di dalam kamera AndaFotografer cenderung melewatkan keseimbangan antara putih dan fokus preset di kamera mereka, yangmembuat perbedaan besar di lapangan.

Mengikuti langkah-langkah ini akan membuat Anda menjadi seorang fotografer yang sukses dalam waktu singkat. Hanya ingat, bahwa yang terbaik yang dapat Anda lakukan untuk karir fotografi Anda adalah untuk berlatih, berlatih, berlatih!
~disarikan dari tips inspirationfeed fotografi ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar